SONAR ( sekolah tinggi perikanan )

SONAR

  1. Pengertian Sonar

Sonar (Sound Navigation and Ranging) adalah suatu teknik yang menggunakan penyebaran bunyi (biasanya di dalam air) untuk navagasi, berkomunikasi atau mendeteksi kapal – kapal lainnya. Ada dua macam sonar: Pasif dan aktif. Sonar mungkin  digunakan sebagai alat pengalokasian akustik. Pengalokasian ilmu suara/akustik pada udara telah digunakan sebelum pengenalan tentang radar. Sonar mungkin juga digunakan di udara untuk navidasi robot, dan SODAR (sonar udara untuk melihat keatas) digunakan untuk investigasi atmosfer. Istilah sonar juga digunakan sebagai yang digunakan untuk menghasilkan dan menerima bunyi. Frekwensi yang digunkan dalam sistem sonar  rentang dari infrasonik ke ultrasonik. Studi tentang bunyi sonar; di dalam air dikenal sebagai akustik dalam air atau hydroacoustics.

  1. Sejarah Sonar

Walaupun beberapa binatang ( dolfin dan kelelawar) yang telah menggunakan bunyi untuk komunikasi dan pendeteksian obyek selama berjuta-juta tahun, penggunaan oleh manusia dalam air pada awalnya direkam oleh Leonardo Da Vinci di tahun 1490 yaitu “sebuah tabung dimasukkan ke dalam air” katanya, digunakan untuk mendeteksi kapal dengan menempelkan telinga ke tabung.

Di abad yang ke -19 bel di dalam air telah digunakan sebagai suatu pengirim signal ke mercu suar untuk memberikan peringatkan bahaya.

Penggunaan bunyi pada ‘ lokasi gema’ dalam air sama halnya cara kelelawar menggunakan bunyi untuk antena navigasi yang nampak seperti dibisikan oleh bencana titanik 1912. Hak paten dunia pertama untuk suatu alat penjangka gema di dalam air telah disimpan di Kantor Pemberi Hak Paten Britania dengan Ahli ilmu cuaca Bangsa Inggris Lewis Richardson, satu bulan setelah tenggelamnya  titanik, dan Ahli ilmu fisika Jerman Alexander Behm memperoleh hak paten untuk suatu alat penduga gema di 1913. Suku Kanada Reginald Fessenden, ketika bekerja untuk Perusahaan Signal Kapal selam di Boston, membangun suatu sistem percobaan di Pelabuhan Boston ang dimulai di tahun 1912, sebuah sistem yang kemudian diuji di Pelabuhan Boston, dan akhiri di tahun 1914 dari  U.S. Revenue ( sekarang Penjaga Pantai) Tukang potong pakaian Miami pada Bank Agung berhenti di Newfoundland Canada. Di dalam pengujian, Fessenden mempertunjukkan pengukuran gema kepada departement,yaitu komunikasi di dalam air ( Kode Kode morse) dan penjangka gemaan yang (dideteksi suatu gunung es terapung pada dua miles ( 3 km) cakupan). Yang disebut Fessenden Osilator, pada ca. 500 Hz Frekwensi, adalah tidak mampu untuk menentukan penegasan sikap untuk berg dalam kaitan dengan yang 3 meter panjang gelombang dan dimensi yang kecil transducer’s menyebar ke muka ( kurang dari 1 meter di (dalam) garis tengah). Yang Sepuluh Montreal-built Yang Britania H kapal selam kelas meluncurkan 1915 adalah dilengkapi dengan suatu Fessenden Oscillator.[1]

Selama Perang Dunia kebutuhan untuk mendeteksi kapal selam  lebih cenderung  dalam meriset penggunaan bunyi. Yang Britania buat awal penggunaan hidrofon di dalam air, ketika Ahli ilmu fisika Perancis Paul Langevin, bekerjasama dengan Orang Rusia é Migré Ahli listrik, Constantin Chilowski, bekerja pada pengembangan alat bunyi;selalu aktip untuk mendeteksi kapal selam di tahun 1915 menggunakan kwarsa. Walaupun transduzer piezoelectric dan magnetostrictive, kemudian menggantikan transduser elektrostatik yang mereka gunakan, pekerjaan ini mempengaruhi disain ke depan. Cahaya berat yang berbunyi pada plastik film dan serat optic yang telah digunakan untuk hidrofon ( perpindahan alat elektrik ang dipakai selama di air), ketika Terfenol-D Dan PMN ( petunjuk laju awal magnesium niobate) telah dikembangkan untuk proyektor. Gabungan Piezoelectric Material tersedia dari beberapa pabrik termasuk Morgan Keramik Elektro.

  1. ASDIC

Di 1916, di bawah Dewan Penemuan Dan Riset Britania, Ahli ilmu fisika Kanada Robert William Boyle menerima pendeteksi bunyi yang aktip dirancang dengan kayu A B, memproduksi suatu prototipe untuk menguji mid-1917. Pekerjaan ini, untuk Anti-Submarine Divisi, dijaga kerahasiaannya, dan menggunakan hablur piezoelektrik kwarsa untuk menghasilkan piranti pendeteksian bunyi dalam air pertama di dunia yang praktis. Untuk memelihara kerahasiaan percobaan bunyi tersebut, penelitian atau kwarsa telah dibuat- sesuatu yang digunakan untuk menguraikan pekerjaan (‘ supersonik’) telah diubah untuk ‘ ASD’ICS, dan material kwarsa ‘ ASD’IVITE. Dari ini datang Singkatan yang Britania ASDIC. Di 1939, sebagai jawaban atas suatu pertanyaan dari Kamus Bahasa Inggris Sepatu, Markas besar angkatan laut menyusun cerita bahwa surat mewakili ‘ Panitia Penyelidikan Pendeteksian Kapal selam Yang dipadukan’, dan secara luas percaya, meskipun [demikian] tidak (ada) panitia yang bersikap menegaskan nama yang pernah ditemukan Markas besar angkatan laut [itu] Archives.[2]

Pada tahun 1918, kedua-duanya, U.S. dan Inggris yang yang telah membangun sistem aktif, meskipun Britania mendahului AS. Mereka menguji ASDIC mereka Pada HMS Antrim di  1920, dan memulai produksi di (dalam) 1922. 6Th Kapal perusak Armada kecil mempunyai Kapal ASDIC-equipped di tahun 1923. Suatu sekolah anti kapal selam, HMS Osprey, dan suatu armada kecil pelatihan empat kapal telah dibentuk pada [atas] Portland di (dalam) 1924. U.S. Sonar QB yang di-set tiba tahun 1931.

Dengan perjangkitan Perang Dunia II, Angkatan laut Yang kerajaan mempunyai lima menetapkan untuk kelas kapal permukaan berbeda, dan untuk kapal selam, menyatukan dengan suatu anti-submarine sistem serangan lengkap. Efektivitas awal ASDIC Telah terbatas oleh penggunaan bom laut sebagai suatu anti-submarine senjata. Ini memerlukan suatu menyerang kapal untuk mengabaikan suatu kontak menyelam meneteskan di buritan, menghasilkan hilangnya Kontak ASDIC pada waktu sebelum serangan. Pemburu secara efektif menembak buta, selama waktu suatu kapal selam pemimpin bisa mengambil tindakan mengelak. Situasi ini telah diperbaiki dengan  penggunaan beberapa kapal [yang] bekerja sama dan oleh adopsi ” di depan melemparkan senjata”, seperti Hedgehog dan Squid kemudiannya, Yang memproyeksikan hulu ledak pada suatu target di depan penyerang dan [dengan] begitu masih di dalam Kontak ASDIC. Pengembangan sepanjang peperangan mengakibatkan ASDIC Britania Netapkan yang menggunakan beberapa bentuk [balok/berkas cahaya] berbeda, [yang] secara terus-menerus mencakup kelemahan. Kemudian, torpedo akustik telah digunakan.

Di awal Perang Dunia II, Teknologi ASDIC Britania telah ditransfer  cuma-cuma kepada Amerika Serikat. Riset atas bunyi dalam air dan ASDIC telah diperluas di UK dan AS . Banyak jenis alat baru pendeteksian bunyi;dalam militer telah dikembangkan. Ini dimasukkan sonobuoys, pertama yang dikembangkan oleh orang Britania 1944, dipping/dunking sonar dan sonar pendeteksian tambang/ranjau/aku. Pekerjaan ini membentuk basis untuk pengembangan setelah perang yang berhubungan dengan membalas kapal selam yang nuklir itu. Bekerja pada  sonar telah pula dilaksanakan oleh Negara-Negara Poros, yang khususnya di  Negara Jerman, Yang mencakup tindakan balasan. Pada ujung WWII ini Pekerjaan Jerman telah berasimilasi oleh Inggris dan AS. Sonar mempunyai tetap dikembangkan oleh banyak negara-negara, termasuk Rusia, karena kedua-duanya menggunakan  militer dan sipil. Di tahun terakhir militer yang utama pengembangan  terus meningkatkan minat akan frekwensi rendah sistem aktif.

  1. Penyebaran Bunyi

Operasi Sonar dimakan karat oleh variasi dalam kecepatan bunyi; yang terutama sekali di dalam wahana yang vertikal. Perjalanan Bunyi lebih pelan di dalam air bersih dibanding air laut, meskipun demikian perbedaan di dalam kecepatan antara yang laut dan tawar adalah kecil. Semua kecepatan bunyi ditentukan oleh rapat massa dan modulus limbaknya. Modulus limbak dimakan karat oleh temperatur, kemurnian yang dihancurkan ( pada umumnya berkadar garam), dan memaksa. Efek rapatan adalah kecil. Kelajuan bunyi dalam meter per detik) kira-kira sepadan dengan:

4388+ ( 11.25× temperatur ( dalam ° F))+ ( 0.0182× kedalaman ( dalam kaki))+ berkadar garam (dalam parts-per-thousand).

Ini adalah suatu penyamaan perkiraan yang diperoleh secara akurat untuk suhu normal, konsentrasi berkadar garam dan cakupan kebanyakan kerendahan samudra. Temperatur Samudra bervariasi dengan kedalaman, tetapi pada antara 30 dan 100 meter ada sering suatu ditandai perubahan,  thermocline, membagi air permukaan yang lebih hangat dari yang dingin, perairan tenang yang menyusun;merias sisa dari samudra. Ini dapat menghalangi sonar, suatu bunyi yang dimulai pada satu sisi thermocline cenderung untuk dibengkokkan, atau dibelokkan, melalui thermocline tersebut. Thermocline mungkin hadir di dangkalan perairan pantai. Bagaimanapun, melambaikan tindakan akan sering mencampur kolom air  dan menghapuskan thermocline tersebut. Tekanan Air juga mempengaruhi penyebaran bunyi. Tekanan yang ditingkatkan meningkatkan kecepatan bunyi yang menyebabkan gelombang suara untuk membelokkan menjauh dari area bunyi lebih tinggi kecepatannya. Model matematika pembiasan disebut Hukum Snell’s.

Gelombang suara yang menyebar ke dalam tekukan laut samudra mem-backup kepada permukaan di dalam busur lingkaran/lingkungan besar dalam kaitan dengan meningkatkan tekanan (dan karena kecepatan bunyi) dengan kedalaman. Samudra harus sedikitnya 6000 kaki ( 1850 m) dalam, atau gelombang suara akan menggema mulai sebagai ganti membelokkan naik ke atas, dan kerugian cerminan/pemantulan pada dasar/nya mengurangi capaian. Di bawah kondisi-kondisi yang benar gelombang suara ini akan (menjadi) dipusatkan dekat permukaan dan dibelokkan mengalah dan mengulangi busur lingkaran/lingkungan lain. Masing-Masing fokus di permukaan disebut suatu ranah konvergen ( CZ). CZ Ini membentuk suatu anulus tentang sonar itu. Jarak Dan Lebar CZ tergantung pada berkadar garam dan temperatur air itu. Di  Lautan Atlantik Yang utara, sebagai contoh, CZS ditemukan kira-kira tiap-tiap 33 nautika miles ( 61 km), tergantung pada musimnya. Bunyi bahwa dapat mendengar dari hanya beberapa mil suatu garis langsung dapat oleh karena itu juga dideteksi beratus-ratus miles pergi. Dengan sonar kuat yang dulu, detik/second dan CZ ketiga secara wajar bermanfaat; lebih lanjut  ke luar dibanding  isyarat adalah yang terlalu lemah, dan kondisi-kondisi yang berkenaan dengan panas yang terlalu tidak stabil, mengurangi keandalan isyarat itu. Isyarat secara alami disusutkan oleh jarak, tetapi sistem sonar modern sangat sensitif, yaitu. dapat mendeteksi di samping suatu signal-to-noise perbandingan rendah.

Jika sumber bunyi dalam kondisi-kondisi benar, perkembangbiakan boleh terjadi ‘ saluran bunyi dalam’. Ini menyediakan kerugian perkembangbiakan sangat rendah bagi suatu penerima dalam saluran itu. Ini adalah oleh karena bunyi;serasi yang menjerat saluran dengan tidak ada kerugian di batasan-batasan tersebut. Perkembangbiakan serupa dapat terjadi pada ‘ saluran pipa permukaan’ di bawah kondisi-kondisi pantas. Bagaimanapun dalam hal ini ada kerugian cerminan/pemantulan di permukaan.

Di dalam perkembangbiakan air dangkal biasanya oleh cerminan/pemantulan yang diulangi di permukaan dan alas, di mana kerugian pantas dipertimbangkan dapat terjadi.

Bunyi Serasi adalah juga terpengaruh oleh penyerapan di dalam air  sendiri seperti halnya di permukaan dan alas. Penyerapan ini adalah bergantung frekwensi, dengan beberapa mekanisme berbeda di dalam air laut. Dengan begitu sonar memerlukan untuk beroperasi di atas jangka panjang , cenderung untuk menggunakan frekwensi rendah ke minimise penyerapan mempengaruhi.

Laut berisi sumber banyak orang suara gaduh yang bertentangan dengan tandatangan atau gema target yang diinginkan. Sumber Suara gaduh yang utama adalah dalam kaitan dengan ombak dan pengiriman. Gerakan penerima melalui air dapat juga menyebabkan suara gaduh frekwensi rendah, yang mana mempercepat dependent.

  1. Gema

Kapan sonar aktif digunakan, menyebar terjadi dari object kecil di dalam laut seperti halnya dari dasar dan permukaan. Ini bisa merupakan suatu sumber gangguan campur tangan yang utama tetapi tidak terjadi dengan sonar pasif. Ini menyebar efek adalah berbeda dari yang di dalam gema ruang yang mana adalah suatu peristiwa cerminan/pemantulan. Suatu analogi untuk gema adalah menyebar suatu lampu besar di dalam kabut at. Suatu high-intensas pensil berkas cahaya akan menembus kabut itu, lampu besar utama adalah lebih sedikit directional dan mengakibatkan ” white-out” di mana gema yang dikembalikan mendominasi. Dengan cara yang sama, untuk mengalahkan gema, suatu sonar aktif harus memancarkan suatu berkas sempit.

  1. Karakteristik Target

Target suatu sonar, seperti suatu kapal selam, mempunyai dua karakteristik utama yang mempengaruhi capaian sonar itu. Karena sonar aktif tersebut karakteristik cerminan/pemantulan bunyi serasi, mengenal sebagai kekuatan targetnya. Karena sonar  pasif targetnya menyebarkan karakteristik suara gaduh  kritis. Spektrum yang menyebar di dalam  umum  akan terdiri dari dari suatu rangkaian yang belum terpecahkan menyiarkan dengan garis spektrum di dalamnya, baris digunakan untuk penggolongan.

Gema adalah juga diperoleh dari  object lainnya  di dalam laut seperti ikan paus, gerombolan ikan dan batu karang.

  1. Tindakan balasan

Tindakan balasan aktif mungkin adalah diluncurkan oleh suatu kapal selam di bawah menyerang untuk menaikkan aras derau dan menyediakan suatu target sumbang. Tindakan balasan pasif meliputi suara gaduh kerja pemasangan yang membangkitkan alat pada alat dan mantel sarung/bungkus kapal selam.

  1. Jenis-jenis sonar

8.1. Sonar aktif

Prinsip dari suatu sonar aktif

Sonar aktif menggunakan suatu pemancar bunyi dan suatu penerima. Kapan keduanya adalah di dalam tempat yang sama itu adalah operasi monostatic. Ketika pemancar dan penerima dipisahkan ia/nya adalah operasi bistatic. Ketika pemancar lebih digunakan lagi dengan leluasa memisahkan itu adalah operasi multistatik. Kebanyakan sonar digunakan monostatically dengan array yang sama sering digunakan untuk transmisi dan resepsi. Sonobuoy aktip Bidang mungkin adalah dioperasikan multistatically.

Sonar aktif menciptakan suatu denyut nadi bunyi sering ” berdesing”, dan kemudian mendengarkan untuk cerminan/pemantulan ( gema) tentang getaran. Denyut nadi bunyi ini biasanya diciptakan secara elektronis menggunakan suatu Proyektor Sonar terdiri dari suatu generator isyarat, menggerakkan amplifier dan transducer/array electro-acoustic, yang mungkin dengan suatu beamformer. Bagaimanapun, mungkin saja diciptakan oleh lain alat, secara kimiawi menggunakan bahan ledak, atau (  airguns atau plasma bunyi sumber.

Untuk mengukur jarak itu pada suatu obyek, waktunya dari transmisi suatu denyut nadi ke resepsi diukur dan diubah jadi suatu cakupan oleh mengetahui kelajuan bunyi itu. Untuk mengukur yang bearing/tegas, beberapa hidrofon digunakan, dan di-set ukuran waktu tiba yang relatif pada masing-masing, atau dengan suatu array hidrofon, dengan mengukur amplitudo yang relatif di dalam berkas cahaya membentuk melalui suatu proses yang yang disebut beamforming. Penggunaan dari suatu array mengurangi tanggapan yang mengenai ruang sedemikian sehingga untuk menyediakan tutup lebar/luas multibeam sistem digunakan. Isyarat Target kini hadir bersama-sama dengan suara gaduh kemudian  melintas berbagai format isyarat yang memproses, untuk sonar yang sederhana mungkin baru saja pengukuran energi. Kemudian memperkenalkan ke beberapa format alat keputusan yang disebut keluaran itu yang manapun isyarat yang diperlukan atau menyiarkan. Keputusan ini Alat mungkin adalah suatu operator dengan headphone atau suatu pajangan, atau di dalam sonar yang lebih canggih fungsi ini mungkin adalah dilaksanakan oleh perangkat lunak. Proses lebih lanjut  mungkin  dilaksanakan untuk menggolongkan target  dan melokalisir itu, seperti halnya mengukur percepatan nya.

Denyut nadi pada frekwensi tetap atau suatu bersiul mengubah frekwensi ( untuk mengijinkan tekanan denyut nadi ). Sonar sederhana yang biasanya menggunakan yang terdahulu dengan suatu saringan yang lebar/luas cukup untuk metutup. Mungkin Doppler berubah dalam kaitan dengan pergerakan target, selagi orang-orang lebih rumit yang biasanya meliputi teknik yang belakangan itu. Hari ini, berdenyut tekanan pada umumnya dicapai menggunakan teknik korelasi digital. Sonar Militer sering mempunyai berbagai berkas cahaya untuk menyediakan tutup serba bisa selagi orang-orang sederhana hanya meliputi suatu busur lingkaran/lingkungan sempit. Yang mula-mula yang belakangan adalah sering diteliti di sekitar dengan mesin tetapi ini adalah suatu proses lambat.

Yang terutama sekali ketika transmisi frekwensi tunggal digunakan, Efek Doppler mungkin  digunakan untuk ukuran kecepatan yang radial suatu target. Perbedaan di dalam frekwensi antar isyarat diterima dan yang dipancarkan diukur dan diubah jadi suatu percepatan. Karena sejak Doppler pergeseran dapat diperkenalkan oleh baik  penerima maupun  gerakan target, pinjaman harus dibuat untuk kecepatan yang radial mencari platform.

Satu sonar yang kecil bermanfaat lihat dengan kasar suka suatu lampu senter tahan air. Satu hal yang kepala ke dalam air, tekanan [adalah] suatu tombol, dan membaca suatu jarak. Varian lain a ” fishfinder” pertunjukan itu adalah suatu pajangan kecil dengan kawanan mencari ikan. Beberapa sonar warganegara mendekati sonar militer aktif di dalam kemampuan, dengan three-dimensional pajangan yang sungguh eksotis area dekat perahu itu. Bagaimanapun, sonar ini tidaklah dirancang untuk sembunyi-sembunyi.

Kapan sonar aktif digunakan untuk ukuran jarak dari transducer kepada alas dikenal sebagai gema. Metoda serupa mungkin digunakan melihat yang menaik untuk pengukuran frekuensi gelombang.

Sonar aktif adalah juga digunakan untuk jarak ukuran melalui/sampai air antara dua sonar transducers atau suatu kombinasi suatu hidrofon ( mikropon akustik di dalam air) dan proyektor ( pembicara akustik di dalam air). Suatu transducer adalah suatu alat yang dapat memancarkan dan menerima isyarat akustik (” berdesing”). Ketika suatu hydrophone/transducer menerima suatu isyarat interogasi spesifik [itu] menjawab dengan pemancaran suatu isyarat jawaban spesifik. Untuk mengukur jarak, satu transducer/projector memancarkan suatu isyarat interogasi dan mengukur waktunya antar[a] transmisi ini dan penerimaan transducer/hydrophone lain  menjawab. Waktunya perbedaan, scaled oleh kelajuan bunyi melalui/sampai air dan yang dibagi oleh dua orang, adalah jarak antara kedua platform. Teknik ini, ketika menggunakan dengan berbagai transducers/hydrophones/projectors, dapat mengkalkulasi posisi yang relatif [dari;ttg] statis dan ber/gerakkan object di (dalam) air.

Dalam masa perang, emisi/ pancaran dari suatu denyut nadi aktip menjadi sangat  mencurigakan untuk suatu kapal selam sembunyi-sembunyi bahwa dipertimbangkan suatu pelanggaran atas yang sangat menjengkelkan taktik.

Suatu yang sangat directional, namun low-efficiency jenis sonar ( yang digunakan oleh perikanan, militer, dan untuk keamanan pelabuhan) menggunakan suatu nonlinear corak kompleks air mengenal sebagai sonar  tidak linier, yang sebetulnya transducer dikenal sebagai suatu array parametric.

8.2. Sonar pasif

Sonar pasif mendengarkan tanpa memancarkan, sering dipekerjakan militer yang menentukan, walaupun ini juga yang digunakan aplikasi ilmu pengetahuan, pendeteksian memancing-mancing presence/absence belajar dalam berbagai lingkungan yang berhub dengan air- lihat juga ilmu suara pasif dan radar pasif. Di dalam pemakaian yang sangat luas, istilah ini dapat meliputi hampir manapun teknik analitis menyertakan sedikit menghasilkan bunyi, meskipun demikian itu pada umumnya terbatas ke teknik menerapkan adalah suatu lingkungan yang berhub dengan air.

Identifikasi sumber bunyi serasi

Sonar pasif mempunyai suatu  teknik yang luas  untuk mengidentifikasi sumber suatu bunyi;serasi dideteksi. Sebagai contoh, U.S. kapal yang pada umumnya beroperasi 60 Hz Sistem  Arus bolak-balik. Jika trafo atau generator menjulang tanpa isolasi/penyekatan getaran sesuai dari sarung/bungkus atau menjadi flooded, yang 60 Hz bunyi dari lilitan dapat dipancarkan dari kapal selam atau kirim. ini Dapat membantu ke arah mengidentifikasi kebangsaannya, ketika Kapal selam Eropa mempunyai 50 Hz menggerakkan sistem. Sumber Bunyi Serasi sebentar-sebentar ( seperti suatu pilinan) boleh juga jadilah dapat ditemukan ke sonar pasif. Sampai secara wajar baru-baru ini, identifikasi suatu isyarat telah dilaksanakan oleh suatu operator yang menggunakan pengalaman dan pelatihan. Sekarang komputer mungkin  memanfaatkan proses ini.

Sonar pasif Sistem mungkin punya database sonik besar, bagaimanapun penggolongan akhir biasanya dilakukan dengan tangan oleh operator sonar. Suatu sistem komputer sering menggunakan database ini untuk mengidentifikasi kelas kapal, tindakan ( yaitu., kecepatan suatu kapal, atau jenis senjata melepaskan), dan bahkan kapal tertentu. Penerbitan untuk penggolongan bunyi serasi disajikan oleh dan secara terus menerus yang dibaharui oleh Kantor Inteligen Kelautan U.S.

  1. Suara gaduh Pembatasan

Sonar pasif pada sarana angkut umumnya sungguh terbatas oleh karena suara gaduh yang dihasilkan oleh sarana angkut itu. Karena ini memberi alasan, banyak kapal selam beroperasi reaktor inti yang dapat didinginkan tanpa pompa, penggunaan pemindahan gas/panas diam, atau sel bahan-bakar atau baterei, yang dapat juga dengan diam. Baling-Baling sarana angkut adalah juga dirancang dan dengan tepat machined untuk memancarkan suara gaduh minimal. Baling-Baling kecepatan tinggi sering menciptakan gelembung kecil di dalam air, dan peronggaan ini mempunyai suatu bunyi serasi beda.

Sonar Hidrofon mungkin diseret di belakang kapal atau kapal selam dalam rangka mengurangi efek suara gaduh yang dihasilkan oleh kapal/ keahlian olahraga air sendiri. Unit yang diseret juga menyerang thermocline itu, ketika unit diseret di atas atau di bawah thermocline.

Pasangan sonar yang paling pasif digunakan menjadi suatu two-dimensional air terjun memajang. Arah yang horisontal pajangan adalah bearing/tegas. Yang vertikal adalah frekwensi, atau kadang-kadang waktu. Teknik Pajangan lain adalah ke color-code frequency-time informasi untuk [yang] bearing/tegas. Pajangan terakhir dihasilkan oleh komputer, dan pemain mimik radar-type merencanakan pajangan indikator posisi.

Tidak sama dengan sonar aktif, hanya perkembangbiakan satu arah dilibatkan. Oleh karena isyarat berbeda, isyarat dapat ditemukan yang minimum untuk menyiarkan perbandingan berbeda. Penyamaan untuk menentukan capaian suatu sonar pasif adalah:

 SL- TL= NL- DI+ DT

Di mana SL adalah aras lumber, TL adalah kerugian transmisi, NL adalah aras derau, DI adalah indeks keterarahan array ( suatu perkiraan kepada keuntungan array) dan DT adalah ambang pintu pendeteksian. Kepekaan instrument suatu sonar pasif adalah:

 FOM= SL+ DI- ( NL+ DT).

Peperangan kelautan modern membuat penggunaan sonar luas. Dua jenis yang diuraikan di atas adalah kedua-duanya menggunakan dari berbagai platform, yaitu diangkut dengan kapal kapal, pesawat terbang dan perbaiki instalasi. Kegunaan sonar aktip melawan sonar pasif tergantung pada karakteristik suara gaduh yang menyebar target, yang biasanya suatu kapal selam. Walaupun di dalam WWII sonar aktif sebagian besar digunakan, kecuali oleh kapal selam, dengan kedatangan isyarat modern memproses sonar pasif telah lebih disukai untuk pendeteksian awal. Ketika kapal selam sudah menjadi menenangan, operasi aktip kini yang lebih digunakan. Di tahun 1987 suatu divisi Toshiba menjual permesinan itu ke Rusia yang mengijinkan untuk menggiling mata pisau baling-baling kapal selam sedemikian sehingga mereka menjadi secara radikal menenangan, menciptakan suatu keamanan sangat besar mengeluarkan dengan generasi kapal selam lebih baru mereka.

Sonar aktif sangat bermanfaat, karena memberi bearing/tegas yang tepat bagi suatu target ( dan kadang-kadang cakupan). Sonar aktif berhasil bekerja sama seperti radar. Suatu isyarat dipancarkan, gelombang suara kemudian bepergian banyak arah dari itu memancarkan obyek. Ketika itu memukul suatu obyek, gelombang suara kemudian adalah yang dicerminkan banyak lain arah. Sebagian dari energi akan bepergian kembali memancarkan sumber. Gema akan memungkinkan teknisi atau sistem sonar untuk mengkalkulasi, dengan faktor banyak orang seperti frekwensi, energi isyarat yang diterima, kedalaman, temperatur air, dll. posisi itu mencerminkan obyek. Sonar aktif digunakan ketika pemimpin platform menentukan bahwa lebih penting bagi menentukan posisi suatu kapal selam ancaman mungkin dibanding itu adalah untuk mengungkapkan posisinya. Dengan permukaan kapal itu bisa mengira bahwa ancaman itu telah perkerjaan mengikuti jalan kapal dengan satelit menanggali. Manapun kapal di sekitar memancarkan sonar akan mendeteksi emisi/ pancaran itu. Setelah mendengar isyarat itu, adalah mudah untuk mengidentifikasi jenis sonar itu ( yang pada umumnya dengan  frekwensinya ) dan posisinya (dengan energi gelombang suara). Lebih dari itu, sonar aktif, serupa dengan radar, mengijinkan pemakai untuk mendeteksi object pada suatu cakupan tertentu tetapi juga memungkinkan lain platform untuk mendeteksi sonar aktif pada suatu cakupan lebih besar jauh.

Sejak sonar aktif tidak mengijinkan penggolongan yang tepat dan yang sangat ribut, pendeteksian jenis ini digunakan oleh platform wahana cepat helikopter dan oleh platform ribut ( kebanyakan kapal permukaan) tetapi sangat jarang oleh kapal selam. Proyektil Balistik Kapal selam tidak genap mempunyai sonar aktif, karena mereka tidak ingin mengambil resiko pendeteksian. Kapan sonar aktif digunakan oleh kapal permukaan atau kapal selam,secara khas diaktifkan dengan singkat pada periode sebentar-sebentar, untuk mengurangi resiko pendeteksian oleh suatu sonar musuh pasif. Sedemikian, sonar aktif secara normal dipertimbangkan suatu backup ke sonar pasif. Di dalam pesawat terbang, sonar aktif digunakan dalam wujud sonobuoys itu singgah area patroli pesawat terbang atau di sekitar sonar musuh mungkin menghubungi.

  1. Transponder

Ini adalah suatu alat sonar aktif yang menerima suatu stimulus dan dengan seketika ( atau dengan suatu penundaan) memancarkan kembali isyarat yang diterima atau suatu ditentukan.

  1. Sonar Tangan

Peralatan selam yang menggunakan sonar tangan INSS

* LIMIS(= Tambang/Ranjau/Aku Sifut Yang Imaging Sonar) adalah suatu hand-held atau ROV-mounted Imaging sonar untuk penggunaan oleh suatu penyelam. Nama nya adalah sebab telah dirancang untuk patroli beberapa ( menyerang frogmen atau Pemeriksaan Beberapa) untuk mencari sifut menambang air jarak penglihatan rendah. Mata rantai:

o [ 1] Abstrak artikel oleh Masyarakat Yang internasional untuk Rancang-Bangun Berhubung dengan mata [ 17]

o [ 2] yang digunakan untuk Temukan bekas peninggalan dari Pintalan [Ruang;Spasi] Columbia roboh/hancur

o [ 3] yang digunakan Cari ikan riset jalan lintasan pada fasilitas tenaga air

* LUIS(= Lensa Di dalam air Imaging Sistem) adalah yang lain yang imaging sonar untuk penggunaan oleh suatu penyelam. Mata rantai:

o [ 4] Penggunaan yang menghitung ikan salem di (dalam) suatu sungai

* Ada atau adalah suatu handheld sonar [yang] flashlight-shaped kecil untuk beberapa, bahwa melulu memajang cakupan.

* Karena INSS= Sistem Sonar Ilmu pelayaran Yang terintegrasi lihat:-

o suatu gambaran.

o uraian pendek/singkat

  1. Ramalan Capaian

Suatu target sonar adalah sanak keluarga kecil kepada lapisan, mengerumuni/berkisar pada emiter yang di atasnya itu ditempati. Oleh karena itu, isyarat yang dicerminkan adalah sangat rendah, beberapa pesanan penting/besar kurang dari isyarat yang asli itu. Sekalipun isyarat yang dicerminkan menjadi sama, contoh yang berikut ( penggunaan nilai-nilai hipotetis) menunjukkan masalah  Ira suatu sistem sonar adalah mampu untuk memancarkan suatu 10,000 W/M² Isyarat pada 1 m, dan mendeteksi suatu 0.001 W/M² Isyarat. Pada 100 m isyarat akan [jadi] 1 W/M² ( dalam kaitan dengan hukum balikan knadrat). Jika keseluruhan isyarat dicerminkan dari suatu 10 m² target, akan jadi pada 0.001 W/M² ketika menjangkau emitter itu, yaitu baru saja dapat ditemukan. Bagaimanapun, isyarat yang asli akan tinggal di atas 0.001 W/M² sampai 300 m. Manapun 10 m² target antar[a] 100 dan 300 m menggunakan suatu serupa atau sistem lebih baik akan mampu mendeteksi denyut nadi itu tetapi tidak akan dideteksi oleh emiter itu. Detektor pastilah sangat sensitip untuk mengambil gema itu. Karena sejak isyarat yang asli jauh lebih kuat dapat dideteksi banyak kali lebih lanjut  dibanding dua kali lebih cakupan sonar ( seperti di contoh).

Di dalam sonar aktif ada dua pembatasan capaian, dalam kaitan dengan suara gaduh dan gema. Di dalam umum  satu atau lain ini akan mendominasi sedemikian sehingga dua efek dapat pada awalnya dipertimbangkan secara terpisah.

Di dalam suara gaduh membatasi kondisi-kondisi pada pendeteksian awal:

SL- 2TL+ T- ( NL – DI)= DT

Di mana SL adalah aras lumber, TL adalah kerugian transmisi ( atau kerugian perkembangbiakan), T adalah kekuatan target, NL adalah aras derau, DI adalah indeks keterarahan array ( suatu perkiraan kepada keuntungan array) dan DT adalah ambang pintu pendeteksian.

Di dalam gema membatasi kondisi-kondisi pada pendeteksian awal ( keuntungan array pelalaian):-

SL- 2TL+ T= RL+ DT

dimana RL adalah gema mengukur dan faktor lain   sama dengan dulu.

  1. Efek kurang baik

Sonar High-powered Pemancar boleh merugikan binatang angkatan laut, walaupun mekanisme yang tepat untuk ini tidak baik dipahami. Beberapa binatang angkatan laut, seperti ikan paus dan dolfin, menggunakan echolocation sistem yang serupa ke sonar aktif untuk menempatkan pemangsa dan memangsa. Diduga sonar itu pemancar bisa mengacaukan binatang ini dan menyebabkan mereka tersesat. Mereka barangkali mencegah dari pemberian makan dan kawin.

Ada bukti anekdot yang mid-frequency sonar bisa mempunyai efek kurang baik pada  ikan paus yang memberi tanggal kembali ke hari penangkapan ikan paus. Cerita yang berikut diceriterakan suatu buku menerbitkan 1995.

Sonar Frekwensi Pertengahan dan Angkapan ikan paus Sumber: Antar Ikan paus dengan Jadilah Payne ( Pg 258) yang diterbitkan 2 Juni 1995

Inovasi lain oleh penangkap ikan paus adalah penggunaan sonar untuk menjejaki ikan paus yang sedang mengejar di dalam air. Tetapi ada suatu masalah, ketika perahu mendekati ikan paus itu, ikan paus yang dimulai pernapasan [selagi/sedang] masih menyelam. Ini memproduksi suatu awan gelembung di dalam air yang mencerminkan bunyi;serasi lebih baik daripada ikan paus lakukan dan buat suatu target sumbang/palsu ( serupa apa  suatu pilot mengerjakan ketika pelepasan sekam metal untuk menciptakan suatu gema radar sumbang/palsu). Aku mencurigai bahwa . ini perilaku oleh ikan paus hanya fortuitous karena pernapasan selagi masih menyelam hanya bermakna dengan mana seekor ikan paus dapat mengurangi waktunya harus tinggal di permukaan, di mana permukaan menyeretnya bawah.

Penangkap ikan paus dengan cepat menemukan bahwa suatu frekwensi tiga ribu hertz yang nampak untuk panik ikan paus itu, menyebabkan mereka ke permukaan jauh lebih sering untuk udara, Ini a “ lebih baik: penggunaan untuk sonar sebab itu mengusahakan penangkap ikan paus itu lebih kesempatan untuk menembak ikan paus itu. Sehingga mereka memperlengkapi perahu penangkap mereka dengan sonar pada yang frekwensi. Tentu saja sonar juga mengijinkan penangkap ikan paus itu untuk mengikuti ikan paus di dalam air, tetapi itu apakah itu penggunaan sekunder. Penggunaan yang utama adalah untuk menakutkan ikan paus sedemikian sehingga mereka start “ suara terengah” di permukaan.

Pada tahun 1996, duabelas Ikan paus beaked Cuvier’s yang beached diri mereka hidup sepanjang pantai Yunani selagi NATO sedang menguji suatu sonar aktif dengan rendah dikombinasikan dan mid-range frekwensi transducers, menurut suatu catatan/kertas menerbitkan Alam jurnal di tahun 1998. Pengarang mendirikan;tetapkan untuk pertama kali mata rantai antar[a massa tidak lazim stranding ikan paus dan penggunaan sonar militer dengan penutupan bahwa walaupun persamaan waktu murni tidak bisa dikeluarkan ada lebih baik daripada suatu 99.3% kemungkinan yang sonar menguji disebabkan yang stranding. Ia catat bahwa ikan paus  telah tersebar sepanjang 38.2 kilometres pantai dan telah dipisahkan oleh suatu berarti jarak 3.5 km ( sd=2.8, n=11). Ini di/tersebar pada waktunya dan penempatan adalah tidak lazim, seperti biasanya ikan paus berkumpul pantai di tempat yang sama dan pada waktu yang sama.

Suatu NATO panel menyelidiki di atas stranding dan menyimpulkan ikan paus telah diunjukkan ke 150-160 dB yang ulang. Nilai  rendah dan mid-range sonar frekwensi. Tingkatan ini adalah sekitar 66 dB lebih sedikit ( lebih dari suatu juta kali intensitas lebih rendah) dibanding ambang pintu untuk mendengar kerusakan yang ditetapkan oleh suatu panel binatang menyusui angkatan laut experts.

Ketika Dr. Frantzis menulis artikel ini ada dua faktor penting :

  • Waktunya korelasi adalah banyak lebih ketat dibanding ia mengenal. Ia mengetahui tentang test itu dari suatu pesan ke pelaut yang mana  hanya menerbitkan bahwa test akan terjadi di atas suatu lima periode hari di dalam suatu area yang besar pada samudra itu. Sesungguhnya pertama kali sonar telah dipasang adalah pagi 12 Mei 1996, dan enam ikan paus terdampar sore itu. Hari berikut sonar telah dipasang lagi dan lain enam ikan paus terdampar sore itu. Tanpa pengetahuan mengkoordinir kapal yang ia belum akan menyadari bahwa kapal itu hanya sekitar 10-15 miles lepas pantai.
  • Sonar yang sedang digunakan diuji dalam percobaan riset dan pengembangan sonar, rata – rata lebih kecil dan lebih sedikit kekuatanna disbanding sonar operasional onboard dalam suatu kapal laut. Dr Frantzis percaya ikan paus yang terdampar menunjukkan bahwa penyebab itu mempunyai suatu besar synchronous luas mengenai ruang dan suatu serangan mendadak. Mengetahui bahwa sumber bunyi serasi secara wajar rendah ( yang dibandingkan ke suatu sonar operasional) pasti telah buat mekanisme kerusakan [itu] lebih  lagi  kebingungan.

Di mana telah diusulkan militer, sonar mempengaruhi ikan paus untuk panik dan permukaan juga dengan cepat mendorong ke arah suatu format penyakit pengurangan. yang pertama ini Angkat oleh suatu catatan/kertas menerbitkan di dalam  Jurnal Masyarakat Amerika Akustis di tahun 1996 dan 2003. melaporkan gas-bubble luka akut ( untuk bersifat menandakan penyakit pengurangan) di dalam ikan paus yang beached tidak lama sesudah start suatu militer berlatih batal/mulai Pulau Burung kenari pada bulan September 2002.

Di dalam Bahamas tahun 2000, suatu percobaan/pengadilan sonar oleh Angkatan laut Amerika Serikat pemancar dalam frekwensi mencakup 3–8 kHz pada suatu aras lumber 223–235 desibel yang ulang 1. Nilai suatu jarak 1 m yang diakibatkan batu alas tujuhbelas ikan paus, sebanyak tujuh yang telah ditemukan mati. Angkatan laut yang diterima menyalahkan suatu report, yang menemukan ikan paus yang mati untuk mempunyai mengalami acoustically-induced hemorrhages dan berdarah di sekitar telinga binatang dan eyes. Hasilkan disorientation mungkin telah menuju/mendorong stranding.

Semacam sonar mid-frequency sonar telah dihubungkan dengan massa cetacean stranding sepanjang seluruh samudra dunia, dan telah oleh karena itu yang dipilih oleh environmentalists ketika menyebabkan kematian angkatan laut mammals. Suatu penuntutan perkara yang disimpan oleh Dewan Pertahanan Sumber Alam di dalam Santa Monica, California pada 20 Oktober 2005 ditantang U.S. Angkatan laut telah menyelenggarakan sonar berlatih pelanggaran beberapa hukum lingkungan, mencakup Kebijakan Lingkungan Yang nasional Tindak, Perlindungan Binatang menyusui Angkatan laut Tindak, dan Jenis Yang dibahayakan Act. Mid-Frequency Sonar adalah betul-betul jenis yang paling umum sonar aktif yang digunakan oleh angkatan laut dunia, dan telah secara luas menyebar sejak 1960an.

Pada 13 November 2007, suatu Amerika Serikat mohon pengadilan memugar suatu kutukan pada U.S. Penggunaan angkatan laut submarine-hunting sonar di dalam misi pelatihan mulai California Selatan sampai yang diadopsi surat pengantar lebih baik untuk ikan paus, dolfin dan lain binatang menyusui angkatan laut. Pada 16 Januari 2008, Presiden George W. Semak membebaskan Angkatan laut AS dari hukum dan berargumentasi bahwa latihan kelautan adalah rumit ke keamanan nasional. Semak berkata bahwa ” penggunaan mid-frequency yang aktip sonar di dalam  minat tertinggi Amerika Serikat.” California Komisaris Pantai Sara yang lesu dikomentari bahwa keduanya pengadilan dan Komisi pengawas Yang pantai sudah berkata bahwa Angkatan laut dapat menyelesaikan misi nya seperti halnya melindungi ikan paus itu. Ini adalah penghinaan ke Californians [siapa] yang memperhatikan oceans.”[12 [itu]] Pada [atas] 4 Pebruari, 2008, suatu Hakim pemerintah pusat menguasai bahwa di samping Presiden Keputusan semak untuk membebaskan itu, Angkatan laut harus mengikuti hukum lingkungan yang menempatkan batas tegas pada mid-frequency sonar. Di dalam suatu 36 halaman keputusan, U.S. Hakim Daerah Florence-Marie tukang tong menulis bahwa Angkatan laut bukanlah ” pemenuhan yang mengecualikan dengan Kebijakan yang Lingkungan Yang nasional Tindak” dan pengadilan yang menciptakan suatu 12 nautical-mile no-sonar zone batal/mulai Selatan California. Pada 29 Pebruari, 2008, suatu three-judge pendekatan pemerintah pusat meramahi panel menegakkan pengadilan rendahan yang menuntut Angkatan laut untuk mengambil tindakan pencegahan selama pelatihan sonar untuk memperkecil kejahatan ke angkatan laut life. Mahkamah Agung U.S menjungkirbalikkan penguasa  suatu keputusan pada 12 November 2008.

  1. Metoda Peringanan

Dampak lingkungan operasi sonar aktif diperlukan untuk dilaksanakan oleh hukum AS. Prosedur untuk minimising dampak sonar dikembangkan pada setiap kasus di mana ada dampak penting.

Dampak dari bunyi serasi di dalam air dapat dikurangi dengan  pembatasan ekspose bunyi yang diterima oleh suatu binatang. Tingkatan Ekspose Bunyi yang maksimum yang direkomendasikan oleh Southall et Al. Untuk karena cetaceans adalah 183 dB yang ulang 1, Pa2 s untuk efek perilaku dan 198 dB yang ulang, Pa2 s untuk mendengar kerusakan.

Banyak yang sah tentang undang-undang dan konflik media pada isu ini bertalian dengan pertanyaan siapa yang menentukan seperti apa macam peringanan adalah cukup. Komisi pengawas pantai, sebagai contoh, mula-mula pikir untuk hanya mempunyai tanggung jawab hukum untuk beachfront, dan perairan status ( tiga miles ke dalam laut). Sejak sonar aktif adalah sebagai penolong/musik untuk kirim pertahanan, ukuran peringanan yang boleh nampak masuk akal [bagi/kepada] suatu agen warganegara tanpa militer atau latar belakang ilmiah dapat mempunyai efek celaka pada [atas] pelatihan dan kesiap-siagaan. Angkatan laut oleh karena itu sering menggambarkan kebutuhan peringanan mereka sendiri.

Contoh ukuran peringanan meliputi ( 1) tidak beroperasi pada malam hari, ( 2) tidak beroperasi pada area [yang] spesifik samudra yang dipertimbangkan sensitip, ( 3) melambat ramp-up intensitas isyarat untuk memberi ikan paus [adalah] suatu peringatan, ( 4) pelindung udara untuk mencari-cari binatang menyusui, ( 5) tidak beroperasi ketika suatu binatang menyusui dikenal sebagai di dalam suatu cakupan tertentu, ( 6) onboard peninjau dari warganegara menggolongkan, ( 6) penggunaan fish-finders untuk men/cari ikan paus di (dalam) sekitar, hampiran [itu], ( 7)large garis tepi keselamatan untuk ekspose mengukur, ( 8) tidak beroperasi ketika dolfin  sedang bow-riding, ( 9)operations pada kurang dari kuasa, dan ( 10) regu veteran yang dibayar untuk menyelidiki stranding setelah operasi sonar. Di samping biaya sebagian dari peringanan mengukur beberapa di antara mereka mungkin bertentangan dengan operasi. Karena alasan ini, kebutuhan peringanan untuk penggunaan masa perang dari sonar kelautan dapat berbeda dengan baik  kebutuhan peringanan warganegara maupun  dari kebutuhan militer selama latihan atau operasi masa damai. Larangan pada atas malam hari operasi mungkin adalah suatu barang sisa yang sangat besar  asset mahal. Lereng atas suatu isyarat di dalam intensitas tidak mungkin punya apapun dampak atas operasi berhubungan dengan geofisika, tetapi Sonar tidak bekerja baik sekali jika kamu memberi kapal selam target adalah suatu peringatan sedemikian sehingga ia dapat melakukan tindakan balasan. Diatas kapal peninjau warganegara digunakan tuna-boat operasi, dan dalam mengeruk latihan, yang secara radikal berbeda dari operasi militer.

By catatandedi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s